Dalam menjalankan bisnis online, salah satu strategi yang harus diperhatikan untuk menarik konsumen adalah dengan memasang foto produk yang menarik dan berkualitas. Melalui pemasangan foto produk di media sosial, website, atau marketplace, calon konsumen dapat melihat bagaimana produk yang kamu tawarkan.
Tak hanya itu, ternyata foto produk adalah salah satu faktor yang membuat dagangan kamu laris. Dilansir dari Weebly, 75% pembeli pada e-commerce beranggapan bahwa foto produk sangat mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa foto-foto produk yang kamu berikan, adalah foto-foto produk yang menarik dan berkualitas, hingga akhirnya calon konsumen tertarik untuk membelinya.
Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya definisi dari foto produk? Foto produk adalah foto yang menampilkan atau menonjolkan objek produk. Foto produk termasuk ke dalam salah satu kategori foto yang cukup sulit dalam pengaturan pencahayaannya. Mengapa? Karena foto produk menuntut kesempurnaan yang baik dalam detail tekstur objek. Oleh sebab itu, adanya pencahayaan juga perlu ditata dengan sempurna untuk menghasilkan foto yang sempurna pula.
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa tidak bisa dipungkiri jika foto produk memang harus diperhatikan dalam sebuah branding, mengingat foto produk adalah salah satu faktor yang membuat dagangan kamu laku keras.
Lalu apa saja pengaruh dari sebuah foto produk untuk bisnismu? Yang pertama, foto produk adalah sebuah penentu keputusan calon konsumen setelah melihat foto produk yang menarik. Kedua, dengan foto produk yang menarik dan berkualitas, maka barang yang tadinya sederhana bisa memiliki nilai tinggi dan harga jual yang mahal. Ketiga, akan mudah bagi calon konsumen untuk mengenali setiap produk yang kamu jual. Keempat, dengan adanya sebuah foto produk yang menarik dan berkualitas, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang kamu jual.
Setelah mengerti apa itu definisi foto produk dan apa saja pengaruh foto produk untuk bisnismu, selanjutnya kamu harus mengetahui tips bagaimana cara menghasilkan foto produk yang menarik dan berkualitas, berikut tips yang dapat kamu lakukan:
1. Pentingnya Peran Kamera
Untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas tinggi, tentunya kamera adalah salah satu peranan yang sangat penting. Semakin canggih spesifikasi kamera yang dimiliki, maka semakin bagus pula kualitas foto yang dihasilkan. Namun, mengingat harganya yang mahal kamu bisa membeli kamera dengan ISO tinggi, auto fokus yang cepat dan sensor gambar yang baik. Ketiganya adalah unsur yang sangat penting dalam mempengaruhi hasil suatu foto. Jika kamu tidak memiliki budget yang cukup, kamu bisa menggunakan kamera digital atau kamera smartphone.
2. Perhatikan Pencahayaan
Disamping menggunakan kamera yang memiliki spesifikasi lengkap. Seperti fotografi pada umumnya, pada foto produk kamu juga perlu memperhatikan pencahayaan. Gunakan cahaya alami seperti matahari untuk menghasilkan foto produk yang terlihat nyata. Opsi lainnya adalah kamu bisa menggunakan lampu tidur atau ring light untuk pengambilan foto di malam hari yang minim cahaya.
3. Potret dari Berbagai Sudut
Untuk foto produk, tentunya kamu membutuhkan lebih dari satu sudut foto untuk menghasilkan foto yang terbaik. Jadi, lakukan foto produk dari berbagai sudut untuk memperoleh dimensi yang sempurna. Melalui metode ini, kamu akan mendapatkan hasil tampilan foto produk yang dapat menarik minat calon konsumen.
4. Gunakan Teknik Flat Lay
Menurut Nikon School, pada dasarnya teknik flat lay adalah teknik membidik objek yang ditata secara cermat dari atas, seperti bird’s view. Teknik flat lay dapat dijadikan pilihan dalam mengambil foto produk. Yang sedang populer belakangan ini sifatnya juga timeless, sehingga teknik ini sangat cocok untuk diterapkan pada produk apapun, terutama produk yang berukuran kecil.
Kamu dapat menggunakan teknik flat lay ini dengan mudah dan cepat. Kamu hanya memerlukan meja atau tempat datar tanpa corak, lalu susun produk yang kamu miliki semenarik mungkin diatasnya. Tambahkan pencahayaan dan sedikit aksesoris untuk menambahkan kesan yang menarik pada foto.
5. Pemilihan Background
Hal lain yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto produk adalah pemilihan background di belakang produk. Kamu sebaiknya menggunakan background polos supaya foto produk yang kamu hasilkan terlihat lebih elegan dan calon konsumen hanya akan fokus pada produk yang kamu tawarkan.
Background polos cocok digunakan dengan berbagai jenis produk, sehingga kamu tidak perlu mengganti background lagi. Background putih polos sangat disarankan karena memberikan kesan yang terang, natural, dan cocok dipadupadankan dengan warna apapun.
6. Melakukan Proses Editing
Langkah terakhir yang harus dilakukan sebelum memposting foto produk pada e-commerce adalah melakukan proses editing. Meskipun hal ini tidak wajib dilakukan, tetapi dengan melakukan editing dapat memberikan efek yang sempurna pada foto produk kamu. Misalnya, ketika foto produk yang kamu ambil kurang pencahayaan, kamu dapat mengeditnya dengan memberikan cahaya yang cukup sehingga kualitas foto pun akan meningkat.
Namun, yang perlu diingat dalam mengedit foto kamu tidak boleh melakukannya dengan berlebihan karena dapat terkesan palsu dan menjadi terlihat tidak sesuai dengan produk aslinya. Hal ini dapat menyebabkan komplain dari pelanggan ketika mereka sudah menerima produk yang dipesan.
Nah, itulah penjelasan singkat dari Kasirini mengenai foto produk, semoga bermanfaat. Buat kalian yang ingin tau berbagai tips menarik lainnya bisa kunjungi website kasirini.id atau aplikasi Kasirini ya, Mate!