Dari Hobi Hingga Jadi Bisnis Besar: Cerita Sukses Najla Farid Bisyir Owner Bittersweet

Karin Arini 9 Februari 2023 • Baca 2 menit

blog details

Nama Bittersweet by Najla tentunya sudah tidak asing lagi di telinga penggemar kuliner, terlebih bagi pecinta makanan yang manis-manis. 

Berawal dari seorang ibu rumah tangga, Najla Farid Bisyir, yang iseng membuat kue rumahan kini sukses diburu para pelanggannya, dan saat ini sudah memiliki banyak cabang di beberapa kota di Indonesia. 

DHhJMfxB8qVdi7lpdHRp6XidkjLAKFHDF6NcqCvr4Ri5DujRIqIi8Xn1n6C1eYy7FO2MTEUyQqjow4hrzRh2LnobJ-PeU8MzizH58RV6iDGvkLy0WtIvkzy4JDgO7vpluuegQ_ahoMow4EQBAlME_sQ

Owner Bittersweet By Najla, Najla Farid Bisyir.

Najla memang suka sekali untuk membeli cake slice dan menyimpannya di dalam kulkas. Namun, Najla tidak menyukai ketika kue sudah disimpan di dalam kulkas akan berubah bentuk dan menjadi kering. 

Karena hobi yang Najla miliki adalah hobi memasak dan membuat kue, ia pun akhirnya penasaran untuk mencari solusi dari permasalahan yang ia tidak sukai tersebut. Akhirnya ia mencoba untuk membuat dessert box dengan kualitas yang lebih baik yaitu kue yang bisa tahan lama namun tetap lembab atau tidak kering. 

Awalnya Najla mencoba membuat dessert box untuk keluarganya, sampai kemudian hasil karya Najla tersebut memperoleh pujian dari keluarga. Dan Najla pun memutuskan untuk memposting dessert buatannya yaitu cinnamon roll di media sosial Path miliknya. 

Banyak dari teman-teman Najla yang mendukung dan menyarankan untuk menjual dessert buatan Najla. Ketika Najla sudah siap dengan produknya, Najla pun memberanikan diri untuk membuka sistem PO. 

gyS6uPBqNrhjFZ1UsmcebRcwoC0MfVobRUenpvN_Ro9WEqUDX_s6Kf49SOiffYUJYoCLYKv10Hm3EMf-Gwu4DbDwz2g5_hyHwGsvYgvv1DQCOIax5BMChxnsNHdZ32foLLFLKwqKH5-xAKkOFNpmBBs

Foto: instagram.com/bittersweet_by_najla

Setelah itu pre-order (PO) kian meningkat, pada masa awal membuka usaha, Najla mampu menjual 30 loyang kue per hari. Setelah berjalan tiga hingga empat bulan, Najla memutuskan untuk kembali menekuni dunia bisnis kuliner. 

Ia kembali menimba ilmu mengenai pengelolaan, teknik pemasaran dan mengembangkan potensi yang Najla miliki. Tak tanggung-tanggung, Najla pun menimba ilmunya kembali di Negeri Jiran Malaysia dan sejumlah kota di Indonesia. 

Tekadnya untuk belajar kembali semakin bulat sejak ia menyadari ada peluang bisnis yang besar pada dunia kuliner. Akhirnya, ia memutuskan untuk membuka bisnisnya kembali di tahun 2017. 

Sebagai seorang pelaku bisnis, Najla yang juga seorang ibu rumah tangga harus pintar untuk membagi waktunya untuk keluarga dan bekerja. Namun tak hanya itu, ia pun juga harus mengontrol stabilitas penjualannya dan menjaga kualitas rasa. 

Di saat pandemi melanda Indonesia, Najla sangat bersyukur karena ia telah menata bisnisnya dengan penjualan dan pemasaran secara online lewat media sosial. Pada awal membuka usaha, Najla tidak memiliki modal yang banyak untuk membuka toko secara fisik. Akhirnya ia melakukan penjualan dan pemasaran yang gencar di media sosial. 

gJPo2amBeURekZORFSHfRaLXs7hYVv0BCzsFYKd06G7WCjh8v5_i1Ngd02jwwtkkVDZOPZCQkOpvbJnAKZibz6PXB_EQt_dxJd6P4OpZipzgrd9Z1ky6kfv0SkcM0cHvhAAIbEVIipz7EWZBxOQ7esI

Foto: instagram.com/bittersweet_by_najla

Jika ditanya apakah Najla pernah mengalami kerugian? Seperti para pebisnis pada umumnya, Najla juga pernah mengalami kerugian karena pesanan yang begitu banyak tiba-tiba dibatalkan secara sepihak. Yang akhirnya Najla bagikan orderan tersebut kepada tukang ojek online. 

Kini Najla telah memiliki reseller Bittersweet di 40 kota, memiliki 8 outlet dan akan membuka kembali 2 outlet. Beberapa cabangnya ada di kawasan Depok, Bogor, Kawasan Sunter, Kalibata dan Kemang. 

Dari hobi ternyata membuahkan hasil. Untuk mendukung usaha yang kamu jalani, kamu juga bisa pakai aplikasi Kasirini untuk pantau usaha kamu. Kasirini gratis tanpa biaya berlangganan bulanan dan biaya per fitur, selain itu Kasirini cocok untuk semua jenis usaha.