Pada zaman sekarang ini, tentu tak bisa dipungkiri bahwa media sosial merupakan media digital yang banyak berkontribusi dalam perkembangan dunia bisnis. Bagaimana tidak? Saat ini rata-rata masyarakat lebih banyak menjelajahi dunia maya daripada dunia nyata, termasuk dengan berbelanja dan mencari kebutuhan sehari-hari secara online.
Jadi, tak perlu heran jika banyak pebisnis yang saat ini mulai menggerakan bisnisnya lewat media sosial. Salah satu contoh dari hal tersebut adalah dengan menggunakan jasa endorsement. Endorsement atau endorse merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi dalam media sosial, terutama Instagram. Endorsement merupakan bentuk promosi yang biasanya digunakan oleh banyak bisnis, seperti bisnis makanan, kecantikan, pakaian dan skin care. Biasanya yang membuka jasa endorse adalah seseorang yang memiliki followers yang banyak, seperti artis, influencer atau selebgram (seleb instagram).
Tentu saja adanya jasa endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran online yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Alasan utama para pemilik bisnis online menggunakan jasa endorsement adalah untuk mempromosikan produk yang mereka jual dan penjualan yang meningkat.
Apa saja keuntungannya jika kita menggunakan jasa endorse sebagai media promosi dari bisnis online? Berikut adalah beberapa keuntungan yang perlu kamu ketahui.
Hemat biaya pemasaran produk endorsement
Dengan adanya jasa endorsement, kamu tidak perlu lagi menyiapkan dana pemasaran produk, kamu hanya perlu mencari influencer yang berpotensi dan kira-kira cocok dengan produk yang kamu tawarkan. Cara ini tentunya lebih menekan biaya dibandingkan dengan mempromosikan lewat iklan yang lain, contohnya televisi, radio, maupun media cetak koran dan majalah.
Peningkatan order / pesanan
Dengan melakukan jasa endorsement, follower para influencer nantinya juga akan ikut melihat postingan produk anda, tentunya hal ini memberikan kesempatan besar untuk membuat orang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.
Karena biasanya seorang public figure menjadi trendsetter untuk para penggemarnya. Dengan demikian akan membuat penjualanmu semakin meningkat.
Media promosi
Melakukan endorsement merupakan cara yang efektif dan positif. Dengan melakukan endorsement produk yang anda jual kepada influencer, produk kamu akan dikenal secara luas.
Karena follower para influencer atau selebgram akan memperhatikan produk yang diposting oleh influencer tersebut. Dari sinilah biasanya kamu akan mendapatkan tambahan follower, like, maupun orderan.
Sebelum melakukan endorsement kepada influencer, terdapat beberapa tips untuk mengoptimalkan endorsement kamu. Simak tipsnya di bawah ini!
1. Sesuaikan target pasar
Langkah awal yang harus dilakukan pebisnis dalam memilih jasa endorsement adalah memperhatikan target pasar. Artinya kamu harus memperhatikan dengan baik bidikan pasar dari bisnismu sendiri, apakah para remaja, ibu-ibu, ataupun anak-anak dan lain sebagainya. Jika kamu memahami target pasar bisnismu sendiri, maka kamu juga tidak akan salah dalam memilih jasa endorsement.
Jika kamu menggunakan jasa endorsement untuk produk bisnismu, maka orang yang akan melihat produkmu sebagian besar adalah follower dari akun influencer tersebut. Jadi usahakan jika kamu ingin menggunakan jasa endorsement, pilih akun influencer yang memiliki akun yang berkaitan dengan bisnis yang kamu buat.
2. Sesuaikan budget yang dimiliki
Budget yang kamu miliki tentunya sangat berkaitan erat dengan memilih jasa endorsement. Mengapa? Karena biasanya para influencer memberikan tarif endorsement yang berbeda. Ada endorsement yang hanya mau menerima barang, lalu mempostingnya di akun milik mereka, ada pula yang menentukan tarif dan lain sebagainya. Nah dalam hal ini, sesuaikan saja dengan budget yang kamu miliki.
3. Perhatikan follower yang dimiliki
Jika membahas tentang follower dari influencer, maka hal ini sangat berkaitan dengan jenis produk apa yang kamu jual dalam bisnismu. Jika produk bisnis yang kamu jual merupakan produk jenis barang atau jasa yang memiliki target pasar yang luas, maka kamu harus memilih influencer yang memiliki banyak follower.
4. Memperhatikan kualitas konten yang ditampilkan
Pastikan influencer yang anda pilih memiliki kualitas konten yang baik dan menarik dari segi pemasaran. Hindari influencer yang asal melakukan promosi tanpa mempersiapkan gambar atau video dengan caption yang menarik. Konten juga biasanya dapat menyesuaikan dengan influencer, ada yang menginginkan konten langsung dari si pengguna endorsement ada juga yang menyesuaikan dengan kreatifitas influencer yang kamu pilih. Jika menggunakan konten langsung dari si pengguna endorsement, pastikan berikan konten yang menarik, ya.
5. Memiliki banyak platform
Mayoritas seorang influencer melakukan endorsement melalui Instagram. Namun jika ingin lebih menguntungkan, kamu dapat memilih influencer yang memiliki lebih dari satu platform seperti blog, Tiktok, atau platform lainnya.
Setelah produk kamu semakin terkenal dan penjualan semakin meningkat, jangan lupa atur juga transaksi kamu agar bisnis makin lancar. Kamu bisa menggunakan aplikasi Kasirini yang menyediakan POS, penjualan, dan pembukuan. Seperti endorsement, kamu juga dapat menghemat biaya karena aplikasi Kasirini gratis.